Makalah dan Artikel Kurikulum dan Pembelajaran

Makalah dan Artikel KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

Di bawah ini disajikan berbagai tulisan tentang opini, issue, trend, dan teori seputar KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN.

Jika Anda berkenan untuk membaca atau mendownload materi yang tersedia, silahkan tinggal klik saja tautan materi terkait.

Tentu saja, komentar dan diskusi dari Anda sangat dinantikan guna kepentingan perbaikan dan inspirasi penulisan berikutnya

A. Konsep Kurikulum

  1. Pengertian Kurikulum
  2. Teori Pendidikan dan Kurikulum
  3. Landasan Pengembangan Kurikulum
  4. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum
  5. Model Pengembangan Kurikulum
  6. Komponen-Komponen Kurikulum
  7. Manajemen Kurikulum
  8. Perubahan Kurikulum
  9. Pengelolaan Kurikulum pada Sekolah Standar Nasional
  10. Pengembangan Diri Dalam KTSP
  11. Informasi Seputar KTSP
  12. Perbandingan Kurikulum 2004 dengan KTSP

B. Konsep Pembelajaran

  1. Konsep PAKEM
  2. Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif
  3. Quantum Learning
  4. Pembelajaran Kontekstual
  5. Teori Belajar Konstruktivisme
  6. Lima Unsur Lingkungan Pembelajaran Konstruktivisme
  7. Empat Pilar Belajar
  8. Pembelajaran Pengayaan dalam KTSP
  9. Pembelajaran Remedial dalam KTSP
  10. Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Keunggulan (PBKL)
  11. Pembelajaran Tematik di Kelas Awal SD
  12. Hakikat Pendidikan
  13. Pendekatan-Pendekatan dalam Teori Pendidikan
  14. Pendidikan dari Jaman ke Jaman
  15. Pendidikan Multikultural di Indonesia
  16. Pendidikan Holistik
  17. Pendidikan Sepanjang Hayat (I)
  18. Pendidikan Sepanjang Hayat (II)
  19. Konsep, Ruang Lingkup, dan Sasaran Pendidikan Umum
  20. Pergeseran Paradigma Pendidikan dari Behavioristik ke Konstruktivistik
  21. Komparasi Pembelajaran Behavioristik dan Kontruktivistik
  22. 10 Megatrend tentang Belajar
  23. 9 Prinsip Pendidikan Orang Dewasa
  24. Peran Pendidikan Menuju Bangsa Yang Bermartabat

C. Proses Pembelajaran

  1. Persiapan Mengajar
  2. Panduan Umum Pengembangan SIlabus
  3. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran
  4. Strategi Pembelajaran
  5. Prosedur Pembelajaran
  6. Pengembangan Bahan Ajar
  7. Model Pembelajaran Inovatif (I)
  8. Model Pembelajaran Inovatif (II)
  9. Cooperative Lerning -Metode Jigsaw
  10. Pembelajaran Kooperatif – Metode Group Investigation
  11. Model Pembelajaran Afektif
  12. Model Pembelajaran pada Sekolah Standar Nasional
  13. Media Pembelajaran
  14. Teknologi Pembelajaran
  15. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Teknologi Pembelajaran
  16. Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran
  17. Ice Break Tayangan Multimedia
  18. Game (Ice Break) dalam Pembelajaran (I)
  19. Game (ice Break) dalam Pembelajaran (II)
  20. Game (Ice Break) dalam Pembelajaran (III)
  21. Teknik Pengelolaan Kelas
  22. Penataan Tempat Duduk dalam Pengelolaan Kelas
  23. Team Teaching

D. Penilaian Pembelajaran

  1. Penilaian Pembelajaran dalam KTSP
  2. Kriteria Ketuntasan Minimal (I)
  3. Kriteria Ketuntasan Minimal (II)
  4. Kontroversi Ujian Nasional
  5. Penilaian Portofolio
  6. Pengembangan Indikator dalam KTSP
  7. Penilain Ranah Psikomotorik
  8. Penilaian Ranah Afektif
  9. Sistem Penilaian Pada Sekolah Standar Nasional

E. Tentang Guru

  1. Peran Guru dalam Pendidikan
  2. Guru sebagai Motivator
  3. Guru sebagai Fasilitator
  4. Ciri-Ciri Guru Konstruktivis
  5. Guru dan KTSP
  6. Guru dan Praktik Pembelajarannya
  7. Proposisi Inti Kompetensi Guru
  8. Bentuk Budaya Guru
  9. Peran Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru
  10. Manajemen Kinerja Guru
  11. Lima Cara Guru Belajar
  12. Revitalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
  13. Pelatihan Guru
  14. Pemberdayaan Guru
  15. Masalah Sertifikasi Guru (I)
  16. Masalah Sertifikasi Guru (II)
  17. Sebelas Asumsi Pendidik akan Diperlakukan dengan Hormat

F. Inovasi dan Mutu Pembelajaran

  1. Peningkatan Mutu Pembelajaran
  2. Penelitian Tindakan Kelas (I)
  3. Penelitian Tindakan Kelas (II)
  4. Karya Tulis Ilmiah Guru
  5. Persyaratan dan Kriteria Karya Tulis Ilmiah Guru
  6. Supervisi Klinis untuk Perbaikan Pembelajaran
  7. Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran

Tentang Drs. Kasdi Haryanta

Laki-laki ini lahir di Bantul, Yogyakarta, 6 April 1962. Pendidikan dasar dan menengahnya ditempuh di daerah tanah kelahirannya itu. Pendidikan tinggi digelutinya di IKIP Sanata Dharma, Yogyakarta. Drs. Kasdi Haryanta mulai mengajar di SMA Xaverius 1 Palembang sejak 1988. Beliau pernah mengajar di SMA Xaverius 1 Filial, SMA Xaveriuus 4, SMA Kusuma Bangsa (2000-2002). mengajar di STT MUsi untuk mata kuliah Bahasa Indonesia (1996-2007) Menggeluti kehidupan keluarga dilakukannnya bersama wanita Kristina Tri Yulianti, guru Matematika SMA Xaverius 3 Palembang. Keluarganya dikaruniai dua anak: 1) Dyah Pramadita Harkrisnani; 2) Daru Yogiswara Harkristanta. "Pertanggungjawabkanlah kepercayaan Tuhan tatkala memberi kita karunia dan rahmat kepada melalui pikiran, perkataan, dan tindakan/perbuatan dalam kehidupan sehari-hari tatkala kita memberikan sikap kasih kepada sesama," demikian ujarnya mengenai implementasi prinsip hidup dan kehidupan.(@doet)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s